DAMPAK COVID 19 BELAJAR LEWAT ITC.
DAMPAK COVID 19 MENGHARUSKAN BELAJAR LEWAT ITC
(informasi and comonication technologi).
FJGnew online
Seluruh dunia di gemparkan oleh musibah Corona, tak terkecuali Indonesia,
Dampaknya di semua sektor kehidupan, termasuk di dunia pendidikan.
Akirnya mengharuskannya perubahan dalam aktifitas kehidupan dampak dari covid 19.
Pelajar pada sa'at Pandemi Covid-19 merubah pembelajaran menggunakan Information and
Communication Technology (ICT) / TIK
1.Pengertian Information and communication technology (ICT) / TIK.
Information and communication technology (ICT) / Teknologi informasi
komputer (TIK) adalah suatu teknologi yang digunakan untuk mengolah
data, termasuk memproses, mendapatkan, menyusun, menyimpan,
memanipulasi data dalam berbagai cara untuk menghasilkan informasi
yang berkualitas, yaitu informasi yang relevan, akurat dan tepat waktu,
yang digunakan untuk keperluan pribadi,belajar, bisnis, dan pemerintahan
dan merupakan informasi yang strategis untuk mengambil keputusan.
Eko Haryanto
Teknologi komunikasi merupakan perluasan dari ilmu komunikasi dengan seperti handphone,
komputer dan sebagainya.
Mengembangkan kompetensi kita dalam menggunakan Teknologi Informasi dan Komunikasi
untuk mendukung kegiatan belajar, bekerja, dan berbagai aktifitas dalam kehidupan sehari-hari.
Adapun tujuan dan perkembangannya ICT masih memiliki dampak positif dan negatif dalam hal
untuk pendidikan, susuai apa yang ada di bawah ini:
1.a. Dampak Positif Information and communition technology (ICT) di Bidang Pendidikan. Beberapa dampak positif dari Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam bidang pendidikan,
antara lain:
- Inovasi dalam pembelajaran semakin berkembang dengan adanya inovasi e-learning yang
semakin memudahkan proses pendidikan.
- Perpustakaan online, perpusatakaan online adalah perpustakaan dalam bentuk digital.
- Munculnya metode-metode pembelajaran yang baru, yang memudahkan siswa dan guru
dalam proses pembelajaran. Dengan kemajuan teknologi terciptalah metode-metode baru
yang membuat siswa mampu memahami materi-materi yang abstrak, karena materi
tersebut dengan bantuan teknologi bisa dibuat abstrak.
- Informasi yang dibutuhkan akan semakin cepat dan mudah di akses untuk kepentingan pribadia
- Sistem pembelajaran tidak harus melalui tatap muka. Dengan kemajuan teknologi proses
pembelajaran tidak harus mempertemukan siswa dengan guru, tetapi bisa juga
menggunakan jasa pos, internet dan lain-lain. - DLL.
1.b. Dampak Negatifa adanya infomation communication technology (ICT) di Bidang
Pendidikan. Ada biaya besar yang terlibat diantara siswa yang belum bias menggunakan atau memiliki
fasilitas untuk mengunakan (ICT). Hal ini sering disebut sebagai faktor dalam kesenjangan
digital. Beberapa dampak negatif yang ditimbulkan dari Teknologi Informasi da Komunikasi
dalam bidang pendidikan antara lain:
- Murid akan semakin malas mendengar penjelasan guru, karena lebih baik menyontek
lewat internet. Membuat siswa semakin manja.
- Banyak sumber website yang salah dalam memaparkan materi, sehingga murid akan
bingung dalam mengerjakan tugas harian.
- Tingkat kecurangan dalam ujian makin tinggi, karena bisa lewat perantara chat, yang
menimbulkan orang jujur dikalahkan orang curang.
- Tingkat kecurangan dalam ujian makin tinggi, karena bisa lewat perantara chat, yang
menimbulkan orang jujur dikalahkan orang curang.
- Dll
Secara tidak langsung adanya Information and commucation technology , disaat pandemi covid- 19 seperti ini. Sebab dari info yang di lansir dari jateng tribun.news “Berdasarkan informasi yang diupdate terakhir oleh laman https://corona.jatengprov.go.id/ pada
Jumat 11 Juni 2021 pukul 12.00 WIB, total kasus positif corona di Jateng yang terkonfirmasi
mencapai 217.093 angka dari angka sebelumnya 215.503”.
Jadi, tidak memungkinkan untuk menerapkan kegiatan belajar mengajar melalui cara tatap muka.
walaupun sekolah diliburkan oleh pemerintah. guru dan siswa, tetap menjalankan kegiatan
belajar mengajar menggunankan sarana Information and Comunication Technology (ICT), karena ICT ini adalah pilihan terbaik untuk kegiatan belajar pendidikan di saat pandemi Covid-19 di negara ini.
Mahasiswa pasca sarjana IAIN Kudus.
Kudus 22-06-2021
Karya by:
(EKO HARYANTO)
Post a Comment